Selasa, 07 April 2009

Pengertian Bimbingan dan Konseling

Defenisi tentang bimbingan Prayitno & Erman Amti, 1999 : menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli (konselor) kepada seorang atau beberapa orang individu baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Sedangkan konseling biasanya dikenal orang dengan istilah penyuluhan yang secara awam dimaknakan sebagai pemberian penerangan, informasi atau nasehat pada pihak lain. Tetapi sebenarnya pengertian konseling (counseling) adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh orang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah (klien/konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi oleh klien/konseli.

Sebagaimana Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah ada 4 macam :
  1. Untuk membantu individu mengembangkan diri secara optimal.
  2. Untuk membantu individu agar mudah dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan / sosial secara positif dan dinamis.
  3. Untuk membantu individu agar kongkrit pemikirannya untuk berkarir dimasa depan.
  4. Untuk membantu individu mengetaskan permasalahannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar