Rabu, 08 April 2009

Fungsi Bimbingan dan Konseling

Sebagai profesi yang bersifat individual dan juga kelompok yang dilakukan oleh orang yang ahli atau memiliki keterampilan dan kewenangan dalam kegiatan bimbingan dan konseling memiliki berbagai fungsi-fungsi bimbingan dan konseling itu diantaranya:
  1. Fungsi Pemahaman yaitu membantu individu/peserta didik agar memahami tentang dirinya (potensinya) dan lingkungannya (keluarga, pendidikan, pekerjaan dan norma agama), serta masalah-masalah yang dihadapinya.
  2. Fungsi Pencegahan yaitu upaya untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan tercegarnya individu/peserta didik dari mengalami masalah dalam kehidupannya baik masalah yang bersifat umum maupun masalah yang bersifat khusus. Adapun teknik yang dapat digunakan adalah layanan orientasi, informasi dan bimbingan kelompok (Abu Bakar M. Luddin, 2009).
  3. Fungsi Pengentasan yaitu berkaitan erat dengan upaya pemberian bantuan kepada individu/peserta didik yang telah mengalami masalah baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar maupun karier. Sehingga terbebasnya individu/peserta didik dari masalah yang dihadapi dirinya.
  4. Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan yaitu senantisa berupaya menciptakan lingkungannya yang kondusif sehingga terpeliharanya keadaan yang telah baik dalam individu/peserta didik dan kemudian keadaan itu dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
  5. Fungsi Penyaluran yaitu fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu individu/peserta didik memilih kegiatan ekstrakulikuler, jurusan atau program studi, dan memantapkan penguasaaan karier atau jabatan yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya ( Abu Bakar M. Luddin, 2009).
  6. Fungsi Penyesuaian yaitu membantu individu/peserta didik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan/sosialnya secara positif dan dinamis.

keenam fungsi di atas hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli yang memiliki keterampilan dan kewenangan dalam kegiatan bimbingan dan konseling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar